Kamis, 05 Januari 2017

PEMERINTAH PROVINSI KEPULAUAN RIAU
DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN



TUJUAN KLINIK KEMASAN

Tujuan dibangun atau didirikannya Klinik Kemasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Riau adalah untuk membantu dan melayani industri (terutama industri skala kecil dan menengah) yang belum mampu melakukan kegiatan pengemasan yang baik di tempat usahanya sendiri khususnya dalam hal konsultasi design, pemberian sampel kemasan yang baik dan fasilitasi dalam penggunaan mesin-mesin kemasan (praktek)  sehingga IKM  dalam menghasilkan produk akan menjadi lebih baik dan bermutu serta dapat bersaing dengan produk serupa di pasaran. Selain itu juga untuk pembinaan di bidang pengemasan (khususnya produk pangan) kepada para pelaku IKM pangan. Keberadaan atau penempatan Klinik Kemasan idealnya adalah di tiap-tiap kabupaten terdapat satu atau dua Klinik Kemasan guna menjawab kebutuhan para pengusaha IKM sekitar dan dapat menjangkau pengusaha IKM yang berada di pelosok daerah.

Manfaat yang diperoleh dari Pendirian Klinik Kemasan adalah :
    Meningkatkan mutu pengemasan produk IKM pangan melalui perbaikan pengemasan sehingga tampil lebih menarik dan harga yang masih dapat bersaing dengan produk pangan serupa di pasaran.
Dapat membantu IKM pangan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi mulai dari masalah teknis sampai masalah finansial (menjembatani dengan pihak keuangan seperti bank dan koperasi).
FUNGSI KLINIK KEMASAN
Fungsi dari Klinik Kemasan kedepannya akan diarahkan menjadi Pusat Penyedian jasa diantaranya adalah :
1.    Sebagai pusat informasi yang berhubungan dengan kegiatan pengemasan (informasi bahan kemasan yang sesuai dengan produk, informasi pengadaan alat dan mesin pengemas, informasi pengadaan bahan kemasan) dan sebagai pusat konsultansi bagi IKM Pangan dan pengguna lainnya (kalangan pembeli dari pasar modern, distributor ataupun eksportir) yang mempunyai kendala terhadap kemasan produknya.
2.    Sebagai pusat pengadaan bahan pengemasan, mulai dari bahan kemasan primer sampai kemasan distribusi / tersier dan dapat dibeli sesuai dengan kebutuhan produksi.
3.    Sebagai pusat pelayanan pengemasan produk pangan dengan komoditas sesuai dengan permintaan pasar misalnya produk makanan ringan dengan berbagai teknik (otomatis / semi otomatis).
4.    Sebagai mediator desain grafis dan rancangan bentuk kemasan suatu produk pangan (fasilitas desain kemasan dan merk).
5.    Membantu mendesainkan dan membuatkan merk, serta memfasilitasi perizinan yang dibutuhkan oleh IKM pangan, meliputi SNI, sertifikat halal, barcode, izin Badan POM, dll yang diperlukan dan memberikan pelayanan akses terhadap lembaga-lembaga terkait dengan pengemasan. Lembaga yang terkait diantaranya adalah lembaga pembiayaan, industri kemasan, perusahaan percetakan, pasar swalayan / supermarket, LPPOM-MUI Daerah, Asosiasi Industri Makanan, perusahaan penyedia lisensi Barcode (GS-1 Indonesia), Kanwil Hukum.
6.    Memberikan pedoman aplikasi POM, SNI, dan Sertifikat Halal.
7.    Sebagai Pusat Penjualan produk-produk pangan IKM yang dikemas atau dijual melalui Klinik Kemasan dan membantu mendistribusikan dan menjualkan produk pangan IKM kepada distributor atau langsung kepada konsumen.
8.    Menyediakan jasa konsultansi untuk menentukan merk dan mendaftarkan merk dan lain-lainnya.
9.    Melakukan sortasi produk pangan atau grading.
10. Pusat layanan informasi mutu produk, kriteria, lembaga sertifikasi seperti SNI/BSN.
11. Pusat layanan informasi perlindungan HAKI (merk), persyaratan, disain, pendaftaran, dan lembaga penerbit.
12. Pusat layanan informasi Halal.
13. Pusat layanan informasi izin BP POM dan pendaftaran.
14. Pusat layanan informasi Barcode.
15. dan lain sebagainya

Profil Pegawai dan Staff Bidang Industri bagian Aneka Industri Klinik Kemasan berserta Fungsinya ;



PPTK KLINIK KEMASAN DISPERINDAG PROVINSI KEPRI


ANDRY KURNIAWAN, ST








KONSULTASI DESIGN DAN KEMASAN PRODUK


EKA FACHLEVI, ST








KONSULTASI DESIGN DAN KEMASAN PRODUK


ANDI EKA SATRIA, S.i.Kom







PACKAGING PRODUCTION AND ENGINEERING MACHINE


SUPRIONO







PACKAGING PRODUCTION AND ENGINEERING MACHINE


FACHRIZAL






ADMINISTRASI


ANTONY








Profil Mesin - Mesin yang ada pada Klinik Kemasan  beserta Fungsinya :














DESAIN KEMASAN PRODUK

Tujuan desain kemasan dibatasi oleh latar belakang pemasaran yang relevan dan tujuan strategis untuk sebuah merek. Idealnya tenaga pemasaran atau produsen desain menyediakaninformasi dan poin-poin yang spesifik dan detail untuk mengukur tujuan-tujuan yang hendak dicapai dalam desain kemasan dengan tepat. Jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan berikut menyediakan informasi yang mendukung proses desain kemasan dan menyediakan  kerangka kerja bagi penempatan produk di pasaran:


·         Siapakah konsumen nya?
·         Di lingkungan mana produk akan bersaing?


·         Pada harga berapa produk akan dijual? 

·         Berapa biaya produksinya? 

·         Berapa lama kerangka waktu dari saat pembutan desain sampai pemasaran?

·         Apa metode distribusi yang direncanakan?


Penentuan posisi pada pangsa pasar menentukan penempatan produk dalam lingkungan ritel yang kompetitif dan menyediakan dasar arah tujuan desain. Tujuan desain kemasan menjadi lebih jelas pada saat parameter pemasaran telah didefinisikan. Metode desain kemasan, atau bagaimana  cara pengembangan.  Ditentukan oleh apakah tujuannya adalah untuk perkembangan produk baru, perluasa merek yang ada ke lini produk baru, atau resposisis merek, produk, atau jasa.

Tanpa memperdulikan apakah desain kemasan itu untuk produk baru atau produk yang yang sudah ada, tujuan utama mempromosikan penjualan tercapai melalui komunikasi merek yang cepat dan jelas (jaminan merek) dan jenis produk (atribut produk). Riset pemasaran mengklaim bahwa 80% dari seluruh produk yang disentuh oleh konsumen dari rak akan dibeli. Kunci nya adalah mengungguli ddan menerobos kerumunan visual dalam kompetisi ritel.
Poin-poin pokok:
·         Ketepatan ketegori 
·         Penyesuaian
·         Pengalaman kosumen
·         Fungsi
·         Penempilan estetika
·         Daya tarik bagi konsumen
·         Inovasi
·         Hak milik merek


      Beberapa contoh bentuk Desain Kemasan Produk yang ada di Klinik kemasan Provinsi Kepulauan Riau :








Tidak ada komentar:

Posting Komentar